No
|
Aspek
|
Kurikulum 1994
|
Kurikulum 2004/KBK
|
Kurikulum KTSP
|
1.
|
Filosofis
|
Struktur keilmuan yang menghasilkan
isi mata pelajaran.”daya serap kurikulum”
|
Struktur keilmuan dan
perkembangan psikologis siswa. Sehingga berdasar pada kompetensi lulusannya
|
Struktur keilmuan dan
perkembangan psikologis siswa dan Standar Kompetensi Lulusan
|
2.
|
Tujuan
|
Agar siswa menguasai materi yang
tercantum dalam GBPP
|
Semua siswa memiliki kompetensi
yang ditetapkan
|
Semua siswa berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan,
dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya berdasarkan kompetensi
yang ditetapkan.
|
3
|
Sifat
|
Bersifat populis, yaitu yang
memberlakukan sistem kurikulum untuk semua siswa diseluruh Indonesia.
|
Cenderung Sentralisme Pendidikan : Kurikulum disusun oleh Tim Pusat
secara rinci; Daerah/Sekolah hanya melaksanakan
|
Cenderung Desentralisme
Pendidikan : Kerangka Dasar Kurikulum disusun oleh Tim Pusat; Daerah dan
Sekolah dapat mengembangkan lebih lanjut.
|
4
|
Subtansi materi
|
Semua materi ditentukan oleh
pemerintah
|
Pemerintan menetapkan kompetensi
yang berlaku secara nasional dan daerah/sekolah berhak menetapkan standar yang
lebih tinggi sesuai kemampuan daerah/sekolah
|
Pemerintah menetapkan kompetensi
yang berlaku secara nasional dan semua
sekolah /satuan pendidikan wajib membuat KTSP. Dimana silabus merupakan bagian tidak terpisahkan dari
KTSP dan guru harus membuat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
5
|
Cara Pembelajaran
|
·
Ceramah
·
Guru dipandang sebagai sumber belajar
|
·
Siswa aktif
·
Mengembangkan berbagai metode pembelajaran
·
Guru sebagai fasilitator
|
·
Siswa aktif
·
Mengembangkan berbagai metode dan model
pembelajaran
·
Menggunakan pendekatan multistrategi dan
multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan meman-faatkan
lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
|
Minggu, 24 Februari 2013
Membandingkan Antara Kurikulum 1994, KBK, dan KTSP Secara Umum
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar